Menikmati alternatif wisata alam hutan pinus yang sejuk di tengah panasnya kota jogjakarta

Ketika ditanya menganai hutan pinus, yang ada di bayangann anda kebanyakan pasti lokasi-lokasi berwaha dingin seperti bandung, bogor atau kawasan-kawasan dataran tinggi lainya. Namun di jogja, tepatnya di daerah imogiri, ada satu lokasi hutan pinus yang sedang tren. Seperti kebanyakan lokasi pegunungan yang berhawa dingin, disini anda bisa menikmati kesejukan khas hutan pinus. Yang membuat spesial, adalah lokasinya yang hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota jogja yang padat dan panas. Anda bisa bersantai dan melepas penat dari kesibukan aktivitas anda di lokasi ini bersama teman atau keluarga.

Hutan pinus imogiri bantul saat ini memang berhasil memikat perhatian pecinta alam di Jogjakarta dan sekitarnya. Lokasinya yang mudah di akses dari pusat kota, membuat kawasan ini menjadi tujuan favorit warga jogja untuk berwisata alam di akhir pekan dan hari libur. Bagi anda yang suka jalan-jalan dan bersepeda, lokasi ini memiliki rute alam yang menantang yang bisa anda coba.

Area seluas 500 hektar ini sebenarnya bukanlah hutan pinus yang tumbuh alami, melainkan ditanami oleh pemda setempat. Ratusan batang pohon pinus yang menjulang secara rapat memberikan kesan asri dan misterius. Anda bisa berjalan menyusuri area ini sambil hunting foto. Tidak mengherankan bahwa di lokasi ini adalah spot yang paling banyak dikunjungi untuk berfoto pre wedding maupun sekedar exist di media sosial.

Di musim hujan seperti ini, pohon-pohon pinus mulai berbunga. Hamparan bunganya yang berwarna merah sera biji-biji kering yang saling berserakan.

Sejarah terbentuknya hutan ini dimulai pada tahun 1965, ketika kawasan ini masih dijadikan lahan perkebunan pohon kayu putih.  Pada akhirnya, hutan kayu putih tersebut di bakar oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab hingga menjadi lahan tandus. Kemudian baru pada tahun 1985, pemda DIY melakukan reboisasi dengan menanami beberapa jenis pohon seperti akasia, mahoni termasuk pinus. Dari beberapa jenis pohon tadi, pinus yang paling tumbuh subur hingga menjadi seperti sekarang ini.
Terpaan sinar matahari di sela-sela pepohonan pinus terlihat sangat indah.

Karena semakin populernya tempat wisata hutan pinus ini, membuat pengunjung semain banyak berkunjung terutama di akhir pekan.  Hal ini membuat masalah sampah menjadi tanggung jawab semua pengunjung. Jangan membuang sampah sembarangan dan merusak lingkungan untuk menjaga keasrian tempat ini. Selain itu, anda juga dilarang keras untuk merokok dan bermain api untuk alasan yang sudah jelas yaitu mencegah kebakaran.

Di kawasan ini disediakan beberapa spot untuk beristirahat. Ada kursi dari kayu yang bias anda gunakan untuk bersantai. Ada ayunan yang bisa anda pakai untuk bermain. Dengan adanya fasilitas ini, membuat anda semakin betah untuk mengeksplorasi hutan pinus ini.
Bila capek berjalan-jalan, anda bisa duduk di spot yang disediakan
Anda juga bisa bermain ayunan di lokasi hutan pinus ini.

Sebagai alternative wisata alam di DIY, lokasi ini memberikan suasana kesejukan dan pemandangan yang asri. Bila anda penat menjalani rutinitas di kota, anda bisa berkunjung ke hutan pinus ini di akhir pekan.

No comments:

Post a Comment