Menelisik pesona keindahan alam danau Toba. Danau vulkanik terbesar di dunia.

Danau toba memiliki luas yang sangat menakjubkan. Area danau Toba memiliki luas 1130 km persegi, dengan panjang 100 km, serta lebar 30 km. OMG. Tak heran, hal ini membuat danau toba menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Saking luasnya, anda akan merasa mengunjungi lautan luas saja saat bertandang kesana, namun dengan riak air yang lebih tenang. Selain itu, danau Toba juga dinobatkan sebagai salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 450 meter. WOW. Sebenarnya pesona apa lagi yang masih dimiliki danau toba?


Secara geografis, lokasi danau Toba lebih tinggi dari permukaan laut atau lebih tepatnya 900 meter di atas permukaan laut. Seakan-akan ada danau di atas gunung. Hal ini membuat udara di danau Toba selalu sejuk dan segar. Di sekelilinya berjejer bukit-bukit yang menjulang tinggi, yang merupakan sisa-sisa dari ledakan super volcano purba 70.000 tahun silam.

Suasana yang sejuk, pemandangan pegunungan hijau yang mempesona ditambah dengan hamparan air berwarna kebiruan membuat kawasan danau Toba menjadi destinasi wisata favorit. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau ini, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang menyajikan pemandangan alam yang sangat memikat di sekeliling Danau Toba.

Legenda
Menurut kepercayaan masyarakat setempat, awal mula terbentuknya danau toba berawal ketika ada seorang pemuda yang menangkap seekor ikan siluman. Ikan tersebut dapat berubah menjadi seorang wanita dengan paras yang cantik. Wanita itu bernama Toba. Pada akhirnya mereka menikah, namun sang wanita mengajukan syarat pada pemuda itu bahwa dia dilarang menyebutkan asal-usul Toba.

Akhirnya mereka dikaruniai seorang anak dan dibari nama Samosir. Anak ini mempunyai kebiasaan ,yaitu suka sekali makan. Pada suatu hari sang ibu menyuruh Samosir mengantarkan bekal makanan ke Ladang untuk diberikan kepada ayahnya, namun di tengah jalan, Samosir menghabiskan semua bekal makanan. Ayahnya yang merasa lapar kemudian pulang untuk makan, namun betapa terkejutnya ia mendapati samosir yang menghabiskan bekal makananya. Ayahnya yang marah kemudian pulang menemui toba dan menyebut samosir anak ikan. Sejak saat itu hujan badai turun dengan derasnya hingga menggenangi daerah tersebut dan terbentuklah danau Toba yang dikenal sekarang.

Destinasi wisata populer di sekitar Danau Toba
Bila anda berencana ingin berkunjung ke danau toba, jangan lupa untuk mengunungi salah satu dari destinasi di populer dibawah ini.

Pulau Samosir
Sumber: www.yukpiknik.com
Pulau Samosir terletak tepat di tengah-tengah danau Toba. Dengan pemandangan alamnya yang indah, serta udaranya yang sejuk, membuat pulau ini sangat layak untuk di kunjungi. Rasanya kuraang lengkap bila berkunjung ke danau Toba tanpa mampir ke pulau Samosir.

Untuk mencapai pulau ini, anda bisa menggunakan perahu-perahu motor yang disewakan oleh warga setempat.

Parapat
Sumber: www.klikhotel.com
Parapat menyajikan keindahan alam yang tak kalah dengan pulau samosir. Di tempat ini anda bisa berinteraksi dengan monyet-monyet yang dibiarkan berkeliaran. Sediakan makanan seperti kacang atau roti untuk memberi makan monyet-monyet ini.

Pulau Sibandang
Sumber: www.griyawisata.com
Pulau sibandang berukuran jauh lebih kecil dari pulau samosir, namun pulau ini juga menyuguhkan keindahan yang sama. Anda dapat melihat sekeliling penjuru danau dari pulau ini. Rasanya seperti terdampar di pulau kecil di tengah lautan luas.

Jangan lupa untuk selalu membawa foto untuk mengabadikan momen anda bersama sahabat atau keluarga.

Tongging

Sumber: www.maritim.go.id
Bila anda ingin menikmati keindahan danau toba dari ketinggian, kami sarankan untuk mendatangi desa Tongging. Lokasi desa ini cukup tinggi, yaitu 900 meter diatas permukaan laut. Anda bisa menyapu pemandangan danau Toaba dengan lebih maksimal.

No comments:

Post a Comment