Wajib coba! 5 wisata air terjun yang wajib anda kunjungi saat berkunjung ke magelang


Untuk anda yang tinggal di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, terutama di kabupaten Magelang, ada destinasi wisata air terjun yang bisa anda kunjungi. Wilayah Magelang terletak di area gunung Merapi yang memiliki tempat-tempat wisata khas pegunungan seperti air terjun. Buat anda yang sedang mencari referensi tempat wisata yang sejuk dan bernuansa alam, anda bisa mengunjungi 5 destinasi air terjun berikut ini.

Air terjun kedung kayang
Sumber: wisatawonolelo.wordpress.com

Lokasi air terjun ini hanya beberapa kilometer saja dari Ketep pass. Terletak di desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang. Akses untuk menuju air terjun kedung kayang terbilang sangat buruk. Belum ada fasilitas yang memadai untuk menuju kesana. Jika mau kesana, diperlukan kesabaran ekstra bila anda memutuskan untuk pergi kesana.

Namun semua perjuangan anda akan terbayar lunas saat sampai di lokasi. Air Terjun Kedung Kayang berada di sebuah ngarai dengan suasana alam yang tenang dan menyegarkan. Suara  gemuruh air terjun yang turun dari ketinggian bukit akan menyambut anda, memberikan efek relaksasi. Fasilitas di sekitar air terjun sebenarnya juga sudah dibangun, termasuk tangga untuk memudahkan para pengujung untuk sampai ke lokasi.

Rasakan sensasi menyegarkan saat derasnya air terjun menerpa wajah anda. Kesegaran air khas pegunungan memberikan sensasi sejuk di sekujur tubuh.

Air terjun Silawe
Sumber: eksapedia.com

Air terjun yang tak kalah indahnya adalah curug Silawe. Terletak di kaki gunung Sumbing, yaitu anak gunung merapi. Secara administratif, lokasi wisata ini masuk ke dalam kabupaten Magelang, dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran.

Untuk mengakses curug Silawe, disediakan juga tangga batu menuruni bukit di samping air terjun. Saat sampai di lokasi, anda akan disambut dengan batu cadas di bawah air terjun. Suasana alam sekitar masih sangat asri dan segar, dipadati dengan pepohonan yang rimbun dan hijau sangat indah.

Ketinggian air terjun ini cukup membuat kita kagum. Dengan tebing cadas yang menjulang setinggi 60 meter, serta debit air yang cukup melimpah. Anda bisa mengabadikan momen anda dengan latar belakang air terjun yang indah.

Air terjun Sekar Langit
Sumber: tribunnews.com

Berbeda dengan kedua lokasi air terjun yang telah disebutkan di atas yang cenderung tinggi, air terjun sekar langit hanya setinggi 25 meter dan cukup landai. Gebyuran airnya tidak terlalu deras. Meski demikian, lokasi air terjun ini cukup menggoda. Air Volume air yang di hasilkan cukup banyak sehingga palling cocok untuk berbasah-basahan dan mandi.

Lokasi air terjun sekar langit terletak di perbatasan dengan kota salatiga. Namun secara administratif, masuk di kabupaten magelang, Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag. Anda yang tinggal di salatiga dapat mengakses lokasi wisata ini dengan waktu cukup singkat.

Air terjun Selo Projo
Sumber: jalankuseru.blogspot.com

Air terjun ini terletak di lereng gunung telomoyo. Berada di lereng sebelah barat Gunung Telomoyo, tepatnya di Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang.

Air terjun selo projo memiliki konsep seperti taman. Di bawah air terjun di buat sebuah kolam untuk menampung gebyuran air. Dengan debit air yang tidak terlalu deras dengan tinggi hanya 25 meter. Terletak sebuah gazebo di sebelahnya untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Air terjun Grenjengan Kembar
Sumber: indonesiapunyasegalanya.blogspot.com

Lokasi Curug Grenjengan Kembar ini secara administratif berada di Dusun Citran, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang. 

Seperti namanya, air terjun ini memiliki dua buah aliran air yang bersebelahan satu sama lain. Lokasi air terjun ini terletak di taman nasional gunung merbabu. Dengan akses jalan setapak, serta lokasi yang dikelilingi pepohonan rindang yang masih terjaga keasrianya. 


No comments:

Post a Comment