Menikmati liburan akhir pekan bersama keluarga di ekowisata umbul tlatar

Bagi anda yang tinggal di kota boyolali dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing legi dengan lokasi umbul Tlatar. Ya, umbul atau mata air ini terbentuk secara alami dan mengalir sepanjang tahun tanpa pernah habis. Kemudian oleh pihak swasta, lokasi ini diubah menjadi ekowisata yang menghadirkan wisata air. Bagi anda yang berada di boyolali dan sekitarnya, lokasi ini sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk berekreasi dan menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan.

Di boyolali dan sekitarnya seperti klaten sebenarnya cukup banyak lokasi serupa seperti umbul tlatar. Hal ini dikarenakan lokasi kedua wilayah tersebut yang strategis berada di kaki gunung merapi yang menyediakan sumber mata air berlimpah. Selain itu, suasana sejuk dan air yang segar khas pegunungan dapat anda rasakan ketika mengunjungi objek wisata umbul tlatar.Anda yang penat dengan kesibukan di kota besar, dapat mencoba referensi ekowisata ini.

Berkunjung ke umbul tlatar tidak akan terasa bosan karena lokasinya tertata bersih dan asri. Anda bisa menikmati berbagai aktivitas seperti berenang, bermain di taman air, memancing hingga menikmati wisata kuliner disini. Anda bisa memilih menu ikan segar yang memang sengaja dibiakan untuk dikonsumsi. Jenis ikan yang bisa anda dapat seperti lele, kakap, bawal dan emas.

Di lokasi umbul tlatar terdapat satu spot lokasi yang bisa digunakan untuk bermain air. Lokasi tersebut bernama taman air. Terdapat berbagai tanaman air serta ikan yang sengaja dipelihara untuk berinteraksi. Jangan khawatir akan tenggelam karena lokasi ini hanyak sedalam lutut orang dewasa saja. Anda dan anak-anak bisa bermain di lokasi ini dengan memberi makan ikan atau bahkan menangkapnya.

Di dekat lokasi taman air, disediakan juga kolam khusus untuk terapi ikan. Ikan yang digunakan adalah rasbora yang berasal dari Turki. Ketika anda memasukan kaki, puluhan ikan rasbora akan langsung mengerumuni kaki anda. Sensasinya terasa geli dan seperti dipijat. Ikan ini akan memakan dan membersihkan sel-sel kulit mati pada kaki anda. Untuk dapat menikmati terapi ikan ini, anda akan ditarik biaya 10000 rupiah.

Tak sampai disitu, ada juga kolam yang berukuran cukup besar. Di kolam ini disewakan perahu bebek yang bisa anda gunakan untuk 2-4 orang. Anda bisa mengelilingi kolam dengan menayuh kapal bebek ini.Namun anda harus berhati-hati dan disarankan tidak membawa anak kecil, karena kolam ini cukup dalam.
Kapal bebek yang bisa anda gunakan untuk bermain.dengan cara dikayuh 
Umbul tlatar tidak hanya menjadi tujuan destinasi akhir pekan untuk warga boyolali saja tetapi juga daerah di sekitarnya seperti solo, karanganyar, sukoharjo dan klaten. Tak heran, lokasi ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Anda bisa menikmati kesegaran dan kesejukan khas pegunungan serta hidangan kuliner yang menggugah selera. Selamat berakhir pekan!

No comments:

Post a Comment