Mau liburan ke Jepang? Pelajari dulu sistem transportasinya

Apakah anda merencanakan untuk berwisata ke negri sakura dalam waktu dekat ini? Bila iya, sebaiknya anda mempelajari dulu sistem transportasi yang ada disana. Jangan bayangkan dengan moda transportasi di indonesia yang cenderung semrawut. Di jepang semuanya tertata dengan rapi. Jangan terbawa dengan kondisi kesemrawutan yang ada di indonesia. Anda harus menyesuaikan diri dengan model transportasi disana agar bisa sampai ke tempat tujuan.


Selain akomodasi dan obyek wisata, salah satu hal krusial saat berwisata adalah transportasi. Sebelum berangkat melancong, setidaknya wisatawan harus mencari tahu informasi terkait sistem transportasi yang akan digunakan terlebih dahulu.

Sama halnya ketika berwisata ke Jepang, ada baiknya anda mengetahui dulu sistem transportasi di Negeri Sakura ini karena sistem transportasi juga berkaitan erat dengan bujet yang akan Anda keluarkan. Jangan sampai anda tersessat karena tidak tau peta transportasinya.

1. Shinkansen
Sumber: wikipedia.com

Shinkansen adalah kereta super cepat di Jepang yang menghubungkan antar kota. Beberapa kota yang dihubungkan oleh Shinkansen adalah Kyoto, Tokyo, Nagoya, Yokohama, dan lainnya.

Tiket Shinkansen dapat dibeli langsung di stasiun atau di agen travel. Untuk informasi lebih jelas mengenai tiket kereta Shinkansen, bukalah situs resminya di www.shinkansen.co.jp atau di www.jr-central.co.jp. Anda bisa mendapatkan informasi dan referensi harga disitu.

2. Limited express
Sumber: jprail.com

Selain Shinkansen, ada lagi jenis kereta lainnya yakni Limited express. Kereta ini hanya berhenti di stasiun-stasiun utama seperti Osaka Station, Kyoto Station, Shinjuku Station, Shibuya Station, Ueno Station, Tokoyo Station, dan Ikebukuro Station. Untuk pengecekan jadwal dan reservasi dapat dilihat di situs www.jprail.com 

3. Subway 
Sumber: urbanlife.net

Subway hanya berada di kota-kota besar di Jepang, seperti di Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Ada beberapa jalur subway dengan tanda perbedaan warna. Agar mudah berwisata menggunakan subway, hafalkan stasiun subway tujuan Anda dan cocokkan pada peta subway. 

4. Kapal ferry
Sumber: hendricuswidiantoro.wordpress.com

Kapal ferry merupakan penghubung daerah kepulauan di Jepang. seperti Osaka-Bppu, Kobe-Oita, dan Osaka-Shibusi. Jadwal keberangkatan kapal ferry secara detail dpaat dilihat di www.japan-guide.com

5. Bus dan taksi
Sumber: comedytravelwriting.com

Bus di Jepang memiliki rute-rute dan pemberhentian tertentu, mirip seperti busway yang ada di jakarta. Sedangkan taksi umumnya banyak berada di dekat stasiun. Tarif taksi di Jepang tergolong mahal, namun beroperasi sampai malam.

6. Sepeda
Sumber: www.tofugu.com

Banyak tempat penyewaan sepeda di stasiun-stasiun kereta Jepang. Pihak penyewa umumnya akan meminta nomor telepon, alamat hotel, dan uang jaminan apabila wisatawan asing yang menyewa sepeda. Ada tempat parkir khusus untuk sepeda, jadi bersepeda di Jepang cukup aman dan nyaman.


Meskipun cuma bersepeda, namun anda harus tertib. Pada beberapa lokasi, sepeda dilarang untuk parkir. Bila ketahuan petugas, anda bisa ditilang hingga 250 ribu. Wow!

Nah itu tadi beberapa moda transportasi yang bisa anda manfaatkan saat berlibur ke jepang. Satu hal yang penting anda ingat adalah ketertiban. Jagalah ketertiban disana, karena Jepang adalah negara yang sangat disiplin dalam berbagai aspek termasuk transportasi.

No comments:

Post a Comment