Tips diving untuk pemula: Waspada saat bertemu dengan hewan laut ini

`Indonesia memiliki keanekaragaman biota laut yang indah yang sayang untukdilewatkan
Aktivitas diving tentu sangatlah menyenangkan. Keanekaragaman biota laut indonesia sungguh sangat sulit untuk ditolak, baik untuk membuat film dokumenter atau hanya sekedar mencuci mata. Dari berbagai biota yang ada di laut, ada beberapa yang berbahaya dan perlu anda waspadai. Bagi anda yang ingin mencoba olahraga air yang satu ini, kami sarankan untuk lebih berhati-hati saat bertemu 5 hewan ini. Apa saja-kah itu?

Belut laut moray


Perhatikan moncongnya dengan deretan gigi yang tajam
Hewan ini berbentuk memanjang seperti ular dengan wajah yang sangar dan memiliki moncong dengan gigi yang tajam. Hewan ini biasa bersembunyi di celah-celah karang dan hanya memunculkan sedikit kepalanya keluar untuk mengamati mangsa. Hewan ini bersifat teritorial yang artinya akan menyerang siapapun yang mencoba mendekati sarangnya. Anda harus waspada saat mengamati bebetuan karang, karena hewan ini biasanya berkamuflase dengan lingkungan sekitar.

Lion fish

Jangan tertipu dengan motif lion fish yang cantik karena hewan ini sangat berbisa
Ikan ini cantik sekali bila diamati dari dekat. Siripnya yang menyerupai kipas, serta coraknnya yang indah membuat siapapun yang mellihatnya akan kagum. Bagi anda yang baru pertama kali bertemu dengan ikan ini jangan sekali-kali berpikir untuk menyentuhnya. Ikan cantik ini memiliki bisa yang sangat mematikan. Bisa Lion fish terdapat pada duri di sirip nya sebagai sistem pertahanan diri.

Ubur-ubur

Ubur-ubur menyimpan racun didalam tentakel nya
Melihat cara berenang ubur-ubur yang unik, kita akan tertarik untuk mendekatinya. Dengan struktur tentakel yang berjumbai menyerupai benang, sekilas hewan ini terlihat lemah dan tak berdaya. Tapi jangan salah, beberapa jenis ubur-ubur dapat menyengat dan meninggalkan rasa nyeri hingga kematian pada korbanya. Bisa pada ubur-ubur terdapat pada tentakel yang menyerupai benang. Bila kita lihat dengan mikroskop, struktur benang ini memiliki bulu-bulu halus yang mampu menembus kulit. Jangan pernah sekali-kali menyentuh hewan ini.

Ular laut

Nyatanya ular yang ada di darat maupun di laut sama-sama berbahaya
Siapapun tentu akan takut bila mendengar kata ular. Dan kabar buruknya, hewan ini tidak hanya ada di darat, namun juga berenang kesana-kemari di laut. Perlu anda ketahui bahwa jenis ular laut memiliki bisa yang lebih mematikan dari pada jenis ular darat. Selalu waspadai keadaan perairan di sekitar anda menyelam. Jangan biarkan diri anda lengah sedikit pun.

Bulu babi

Meskipun tidak berbisa, jangan sekali-kali memegang hewan ini dengan tangan kosong

Bulu babi biasanya hidup di perairan dangkal. Dengan bentuk bulat sekepalan tangan orang dewasa, hewan ini memiliki duri-duri tajam yang menyelimuti tubuhnya. Duri-duri ini berfungsi sebagai mekanisme pertahanan diri saat diserang predator. Walau tidak berbisa dan bahkan bisa di konsumsi, namun bila anda tidak sengaja menginjak bulu babi, tentu rasanya akan sangat menyakitkan.

Ikan pari

Ikan pari memiliki duri beracun yang tersimpan di pangkal ekor
Ikan pari banyak di temui di perairan indonesia. Ikan ini biasa dijadikan target buruan para nelayan untuk dikonsumsi. Bentuknya sekilas menyerupai burung dilihat dari cara berenangnya yang seperti mengepakan sayap. Waspadalah ketika anda menjumpai hewan ini saat diving, jaga jarak aman agar jangan terlalu dekat. Beberapa jenis pari memiliki kelenjar racun yang disimpan pada pangkal ekornya. Bila tersengat, akan sangat fatal akibatnya.

Ikan Hiu

Ikanhiu memiliki ratusan gigi setajam silet yang siap menerkam mangsanya
Yang terakhir sebagai yang paling berbahaya, ada ikan hiu. Hiu putih memiliki ratusan gigi setajam silet yang berjejer di rahang nya. Waspadalah saat anda memasuki perairan tempat wiliyah perburuan hiu. Pastikan anda tidak memiliki luka luka terbuka pada tubuh. Hiu mampu mencium bau darah dari jarak yang sangat jauh.

Bagi anda yang berniat menjalankan hobi menyelam, berhati-hatilah dengan hewan diatas. Selalu waspada dengan perairan sekitar. Jangan sampai terlena meihat pemandangan air yang pada akhirnya malah akan mencelakakan diri sendiri. Selalu berhati-hati dan gunakan peralatan selam yang memadai.

No comments:

Post a Comment