Menyingkap keindahan dan eksotisme danau Kakaban bersama ribuan ubur-ubur

Buat anda yang sudah bosan dengan tempat wisata yang mainstream, mungkin tidak ada salahnya anda berkunjung ke danau Kakaban. Danau yang menyimpan sejuta eksotisme ini terletak di gugusan pulau Derawan, Kalimantan Timur. Karena lokasinya yang lumayan terpencil, belum banyak orang yang berkunjung kesini. Maka tak heran kalau kondisi alam pulau Kakaban masih asri dan terjaga dengan baik.

Untuk menuju ke danau Kakaban, anda harus transit dulu di pulau derawan. Di pulau ini terdapat banyak penginapan serta sarana transportasi laut. Anda bisa menyewa speed boat dengan kapasitas 15 orang. Dari pulau derawan menuju Kakaban diperlukan waktu kurang lebih 45 menit menggunakan speed boat.
Ketika sampai anda akan disambut hamparan air jerninh berwarna hijau
Sumber : www.tanjungderawan.com

Pulau kakaban terbentuk lebih dari 2 juta tahun lalu. Perlahan-lahan pulau di sekitar naik membentuk atol. Danau kakaban ini terletak di tengah-tengah tebing karang setinggi kurang lebih 50 meter. Untuk mengaksesnya, anda harus naik melalui tebing ini. Masyarakat setempat menamai kakaban yang di ambil dari bahasa suku bajo yang artinya memeluk. Bila di perhatikan, danau Kakaban terletak di tengah-tengah dan dipeluk oleh pulau.
Danau kakaban terisolasi dari laut karena dibatasi oleh dinding karang yang mengelilinginya
Sumber : www.tanjungderawan.com
Yang membuat unik dari danau ini adalah adanya ubur-ubur yang hidup endemik di dalam danau. Bila diperhatikan, jumlah ubur-ubur lebih mendominasi keberadaan biota sepanjang mata memandang. Bahkan sekilas tidak ada ikan yang nampak di danau ini. Hanya ada 2 tempat di dunia yang memiliki ekosistem seperti danau Kakaban ini. Satunya lagi berada di kepulauan Mikronesia di Pasifik. Danau Kakaban dinobatkan sebagai danau ubur-ubur terbesar di dunia.
Menikmati sensasi berenang bersama ribuan ubur-ubur
Sumber : http://www.telusurindonesia.com/
Terdapat 4 jenis ubur-ubur yang sudah teridentifikasi yaitu Aurelia aurita, Tripedalia cystophora, Martigias papua dan Cassiopea ornata. Dari jenis itu yang paling menarik perhatian adalah jenis Cassiopea ornata, karena ubur-ubur ini berenang secara terbalik. Bahkan banyak didapati ubur-ubur ini banyak hinggap di dasar danau. Satu lagi yang unik dari ubur-ubur Kakaban adalah mereka tidak menyengat seperti kebanyakan ubur-ubur yang tinggal di laut. Anda bisa memegangnya dengan tangan kosong dan berinteraksi dengan mereka tanpa takut tersengat. Hal ini terjadi karena di danau kakaban tidak terdapat predator, sehingga sengat pada ubur-ubur yang digunakan untnukpertahanan diri perlahan-lahan melemah dan hilang seiring proses eveolusi selama jutaan tahun.

Pengalaman berdansa dengan ribuan ubur-ubur di Kakaban sungguh sangat luar biasa. Anda seperti di ajak menyelam ke dalam dunia allien. Seluas mata memandang, tidak ada hewan lain selain ubur-ubur. Pengalaman seperti ini mungkin hanya terjadi satu atau dua kali dalam hidup anda, sehingga amat sayang bila tidak mengambil foto sebagai kenang-kenangan.





No comments:

Post a Comment